Agar Anak Mau Mendengar, Gunakan Cara yang Tepat Ini

Biasanya anak usia di bawah lima tahun atau balita belum mampu mendengarkan pertanyaan dan instruksi dengan baik. Gunakan cara agar anak mau mendengar berikut ini:

cara-agar-anak-mau-mendengarkan

1. Mengucapkan Nama

Sebelum menyampaikan apa yang akan kita katakan, panggil namanya terlebih dulu. Ucapkan namanya dengan jelas, berhenti sejenak kemudian katakan apa yang ingin Anda sampaikan kepada anak.

2. Lakukan Kontak Mata

Setelah dipanggil kok belum memberikan respon, lakukan kontak mata saat memanggil namanya dan saat Anda melakukan pembicaraan dengannya.
Kontak mata amat penting dilakukan agar anak dapat belajar fokus memperhatikan apa yang sedang kita sampaikan kepadanya.

3. Duduk Berdekatan

Usahakan saat berkomunikasi dengan anak, posisi duduk Anda saling berdekatan. Jarak komunikasi yang dekat akan membuat anak dapat lebih mendengarkan setiap kalimat yang Anda ucapkan.

4. Waktu yang Tepat

Agar anak lebih memperhatikan saat mendengarkan, alihkan fokusnya kepada Anda. Hindari berbicara kepadanya saat dia sedang menonton televisi atau sedang bermain bersama mainannya.

5. Ulangi Kalimat

Setelah selesai berbicara kepada anak, mintalah untuk mengulanginya. Dapat dilakukan dengan kalimat per kalimat agar lebih jelas.





sumber: Kumparan
image: Amber Auley

No comments:

Post a Comment