Belajar Online atau Offline, Manakah Yang Lebih Baik?

Jaman selalu berubah dan berkembang seiring dengan perkembangan peradaban manusia itu sendiri. Masalah perkembangan itu mau cepat atau lambat, dunia mempunyai mekanismenya sendiri untuk mengatur lajunya. Tak berbeda dengan dunia pendidikan yang juga mengalami kemajuan sangat pesat. Belajar pun sekarang dituntut harus bisa cepat menangkap materi pelajaran, agar dapat bersaing di dunia profesional.

bimbel-prisma-salatiga-online

Teknologi modern dan era informasi saat ini sangat mempengaruhi kemajuan dunia pendidikan. Kalau dulu tahun 80-an hingga awal tahun 2000-an teknologi informasi masih hanya sebatas untuk berkomunikasi saja, saat ini dengan adanya teknologi internet sudah mampu membuat "apa saja" bisa dilakukan di dunia maya, termasuk tentang memajukan pendidikan khususnya di Indonesia.

Dulu jaman ayah ibu kita sekolah, mana ada istilah les privat atau bimbingan belajar (bimbel). Boro-boro les, untuk dapat sekolah saja tidak semua orang bisa mendapatkan anugerah itu. Sekolah menjadi barang mewah kala itu. Meskipun sebenarnya sekarang juga sih, masih mewah karena biaya pendidikan di negeri ini sangat besar dan laju inflasi per tahunnya sangat tinggi.

Tapi sekarang dengan adanya teknologi internet membuat belajar; yang tak melulu dilakukan di sekolah, menjadi semakin mudah dan cepat tersampaikan. Informasi yang tadinya bersifat searah, kini pun sudah menjadi dua arah antara penyedia informasi dan kita sebagai penerima informasi.

Nah, dengan kemudahan itu sekarang ada istilah belajar online dan belajar offline. Bukankah semua di dunia ini yang tadinya bersifat offline, sekarang bisa di-online-kan. Belajar pun demikian, sekolah bisa dijalankan dengan cara online, termasuk di dalamnya les privat atau bimbel juga bisa online.

Manakah yang lebih baik, belajar online atau offline?


Tidak ada yang lebih baik, semua sama baiknya. Keduanya dapat bersinergi saling melengkapi dan semakin memperkaya wawasan bagi setiap orang yang mau belajar.

Kuncinya adalah memiliki kemauan belajar yang besar. Percuma saja dengan adanya internet, tapi tidak mau belajar. Percuma saja disediakan fasilitas guru les privat oleh orang tua tapi tetap malas belajar.

Kita simak benefit apa saja yang akan diperoleh dari kedua cara belajar tersebut, online dan offline.

Benefit Bimbingan Belajar Online


1. Cepat

Setiap pembelajar yang ingin mendapatkan informasi tentang apa yang dia inginkan dapat diperoleh dengan cepat melalui platform yang tersedia di internet. Mesin pencari informasi seperti Google, Yahoo, Bing dengan mudah menyediakan setiap informasi yang diperlukan.

2. Tepat

Informasi yang ada di internet pun saat ini semakin lengkap dan sangat spesifik. Jadi apa yang kita dapatkan adalah informasi yang benar-benar tepat sesuai dengan kebutuhan kita.

3. Dapat Diulang

Internet sebagai sumber informasi dapat diakses berkali-kali sesuai kebutuhan kita. Misal kita belajar dari situs Youtube yang merupakan situs penyedia informasi menggunakan media video, dapat diputar berkali-kali agar kita menjadi lebih dapat memahami. Kita pun dapat mendowload-nya kemudia diputar secara offline dan dibahas bersama guru atau kawan di rumah.

4. Komunikasi Dua Arah

Era web 2.0 memungkinkan adanya komunikasi antara audiens dengan speaker. Audiens adalah kita yang sedang mencari informasi, dan speaker adalah penyedia informasi yang ada di internet.

5. Belajar Kapan Saja

Internet tidak ada jam tutupnya, buka 24 jam. Tidak ada hari liburnya. Bahkan saat siswa sedang libur sekolah pun tetap dapat belajar melalui internet.

Benefit Belajar Offline


1. Fokus

Belajar offline bersama guru les privat atau kawan di rumah dapat lebih fokus belajar tentang satu topik tertentu.

2. Komunikasi Dua Arah

Metode belajar era modern sudah tidak seperti dulu yang siswanya hanya mendengarkan setiap apa yang dikatakan guru di depan kelas. Sekarang siswa diajak untuk terlibat lebih aktif berkomunikasi.

3. Gaya Belajar

Setiap siswa mempunyai gaya belajar masing-masing yang tidak sama satu dengan lainnya. Ada yang belajar dengan gaya visual, ada yang kinestetik, ada pula yang auditori. Guru yang mendampingi saat bimbingan belajar pun dapat menyesuaikan gaya mengajarnya dengan kebutuhan gaya belajar anak.

Kesimpulan dari pertanyaan mana yang lebih baik antara belajar online atau offline adalah bahwa tidak ada yang lebih baik di antara keduanya. Semua saling mengisi memberikan informasi dalam menambah wawasan dan pemahaman siswa tentang materi pelajaran.

Semoga dengan adanya sistem belajar online akan membuat semangat belajar putra-putri kita semakin bertambah. Sehingga memiliki daya nalar yang semakin baik agar semakin siap secara logika maupun mental menghadapi perubahan jaman di masa mendatang.



image: Sasin Tipchai

No comments:

Post a Comment